Sabtu, 01 Desember 2012

Cerita Paman-Paman

bagi pembaca yang menganggap ini tulisan serius, silahkan untuk tidak membaca posting ini. Sekali lagi, silakan tinggalkan postingan ini. :D

Postingan ini akan menceritakan salah satu paman saya.


Jumat malam sabtu kemarin, (30/11/12) saya mendapatkan kabar mengejutkan. Awal cerita, saya sedang membuka akun facebook saya, dan melihat chat dari paman saya yang masih muda dan single itu. (sekalian promosiin paman saya, oya,  hehe. ini link fbnya : ). 

Dalam bahasa Sunda, paman itu disebut Mamang. Dan kebetulan, saya mempunyai banyak mamang dari pihak Bapak. Mamang yang adik Bapak sebenarnya hanya ada dua, dan sisanya adalah sifat Mamang (Paman-anak dari Adik Nenek).

Si Mamang yang adik Bapak saya, bilang di Chat begini:

“Neng, si Mang Iman tikunclung ka sumur siah..”

yang artinya: “Neng, Mang Iman masuk sumur loh..”

Sontak, saya malah tertawa. Entah kenapa, entah bahagia atau apa, kok rasanya kalimat berita (informasi) dari Mamang saya itu kok lucu..dan saya membalas chat itu,

“Maot teu mang?”

Yang artinya : “Mati ga Mang?” *sadis. Yang ditanya bukan kabarnya baik atau tidak, tapi malah ditanya meninggal apa tidak. Hehe, :)

Yang ditanda panah merah, itu Mang Iman. Itu cewek imut nan lucu, saya sendiri. Yang berdiri disamping saya, Mang Ipan. Yang tengah duduk, Mang Muidz. Yang senyum mesem di belakang, Mang Arif (Aip). Yang nemplok di belakang, yang cakep jomblo pula, Mang Dian.
Oya, foto ini kalo ga salah diambil tahun 1996.



Jadi, Mamang saya yang namanya Iman itu, memang lucu tingkah polanya. Jadi, ketika saya pulang kampung kemarin, saya mendapat kabar dari Mamah kalau si mang Iman ini sempat pingsan saat shalat Jumat di Mesjid di kampung saya. Ketika bertemu si Mang Iman itu, saya bertanya mengenai kejadian dia pingsan di mesjid. Dan ujung-ujungnya, saya malah mengejek si Mamang dengan bilang “ah...itu mah bukan pingsan kali, itu mah nundutan (ngantuk) sampe ngajengkang (jatuh) ke belakang...” ejek saya. 


Jadi, saya punya lima Mamang, dan 2 dari mereka (Mang Dian yang cakep itu, dan Mang Ipan) sering menjadi teman sepermainan saat saya kecil. Teman sepermainan atau saya yang nimbrung main sama mereka ya? Hehe, entahlah.

Yang saya ingat dari Mang Dian itu, kalau saya tanya dia suka jawab dengan ketus. Misalnya, ketika dia sedang membuat kerangka layang-layang, saya bertanya lagi buat apa. Dia jawab “Liat aja nanti” dengan ketusnya. Hmmm...sombong..:D Gitu deh, sombongnya anak kecil.

Yang lucu dri si Mang Dian adalah, ketika disindir oleh beberapa sesepuh di keluarga ketika tatto temporari di lengannya kelihatan. “Wuihh...ditatto sekarang ya?” salah satu komentar kurang lebih demikian. Si Mamang pun terlihat tersipu.

Beberapa tahun terakhir, saya sempat dengar cerita tentang komentar teman Mang Dian yang ditujukan untuk Bapaknya. Intinya teman Mang Dian bilang, kalau dia sendiri susah cari cewek, kalau ke Dian mah katanya, banyak yang antri.. Hmm, baiklah. Mamang yang satu ini laku dipasaran, *Loh, hehe..:D

Kalau si Mang Ipan, apa ya? Dia suka menjulurkan lidah atau menjitak kepala saya kalo ga salah, jaman saya masih bocah. Hmm..karena saya paling muda, jadi saya yang dibully kali ya.

Yang lucu dari Mang Ipan, adalah ketika dia masuk Pesantren dan katanya nangis gara-gara ditinggal Mamahnya. Dengan bangganya saya bilang, kalau saya nggak nangis tuh pas masuk pesantren, (kebetulan kami masuk pesantren dalam minggu yang sama), tetapi berbeda tempat. Padahal, Mang Ipan waktu itu sudah lulus SMP, dan saya baru lulus SD. Tuh kan, keliatan yang lebih tough siapa? Hehe.

Kalau ketemu si Mang Ipan sekarang, pasti dia curhat tentang kisah cintanya yang kandas ditengah jalan. Oke, baiklah. Mungkin si Mamang belum menemukan tambatan hatinya. 


0 comments:

Posting Komentar

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri