Kamis, 08 November 2012

(International Conference on Media Communication and Culture)

(Proceedings) Rethinking Multiculturalism: Media in Multicultural Society
Yogyakarta, 07-08 November 2012 - Dua mahasiswa Kajian Media, Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina menjadi presenter dalam International Conference on Media Communication and Culture (ICMCC). Konferensi internasional ini merupakan serangkaian konferensi internasional yang akan diselenggarakan setiap tahun dengan penyelenggara dari Universitas yang berbeda. Konferensi internasional yang pertama ini diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (jurusan komunikasi, fakultas Sosial dan Ilmu Politik) bekerjasama dengan School of Communication in Universiti Sains Malaysia (USM).

Tema besar dari konferensi ini adalah Rethinking Multiculturalism: Media in multicultural Society. Melihat fakta bahwa komunitas masyarakat yang beragam. Tidak dapat terelakkan lagi bahwa media mempunyai peranan penting dalam keberagaman. Media bisa menjadi agen perubahan dalam mendukung dan mengapresiasi keberagaman yang ada. Tetapi, disisi lain media bisa memperburuk situasi dalam keberagaman dan mengarah pada terjadinya konflik di masyarakat.

Dalam konferensi ini, hadir sebagai Keynote Speakers, yaitu Prof. Krishna Senn dari University of Western Australia dan Prof. Chua Beng Huat dari National University of Singapore.

Dua Mahasiswa Kajian Media yang telah melakukan riset (sejak September 2012) dan menjadi presenter dalam konferensi ini adalah Asri Nuraeni dan Rona Mentari. Mereka mempresentasikan hasil risetnya tentang Commodification of DAI’s Profile in a Talent Show, DAI Muda Pilihan ANTV.

Ini sebuah riset yang menarik. Pesan-pesan agama yang awalnya hanya disampaikan dengan cara sederhana, dalam program talent search reality show ini, pesan-pesan agama tersebut telah dikomodifikasi-kan, sehingga menjadi program yang mendidik, menghibur, dan menguntungkan.

Hasil penelitian ini dirasa perlu untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi khususnya komodifikasi konten dan pekerja terkait program tersebut. Riset ini menjelaskan bagaimana proses pra-produksi sampai pasca produksi program DAI Muda Pilihan ANTV, dengan metodologi penelitian Interview, Observasi, dan Kajian Dokumen. Adapun manfaat yang bisa diambil adalah diketahuinya pola kreatif dari sebuah program talent search reality show, yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk program serupa di masa mendatang, setelah dilakukan modifikasi.

Kemudian, hasil riset ini dibukukan sebagai proceedings, dengan judul buku yang sama, yaitu Rethinking Multiculturalism : Media in multicultural Society. Bersamaan dengan itu, ada beberapa dosen yang juga menjadi presenter dalam konferensi ini, yaitu Bu Suraya dengan hasil riset tentang Representation of Symbolic Violence in Children Advertisement.

0 comments:

Posting Komentar

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri