Kamis, 09 Januari 2014

Skripsi-an

Dari semua akun sosial media yang saya punya, yaitu Facebook dan Twitter, kenapa ya akhir-akhir ini saya banyak melihat kegalauan tentang skripsi. Sebenernya, bisa jadi kegalauan akan skripsi ini sudah ada sejak jaman dahulu kala sejak skripsi mulai diwajibkan bagi semua mahasiswa Indonesia untuk lulus, cuma karena saya saja sedang galau-galaunya dengan skripsi, baru ngeh ternyata banyak juga galauers skripsi.

Yeah, berarti bukan cuma saya aja yang menjalani ini. Yaiyalah!

Kenapa ya, skripsi suka dianggap beban oleh mahasiswa. Lebih tepatnya, dianggap beban oleh saya sendiri. Padahal, kenapa tidak menyisipkan minat dan rasa penasaran kita dalam pembuatan skripsi itu agar tetap semangat ngerjain skripsi.

Tips semangat kelarin skripsi adalah: Mengambil tema penelitian yang menjadi passion kita. Passion gan!

Judul skripsi saya adalah: "Analisis Isi Pemberitaan Korupsi di Kompas.com dan Republika.co.id, pemberitaan selama bulan November dan Desember 2013." Sebagai informasi, ini adalah judul ke 3, setelah sebelumnya dua kali berganti judul. Ada salah satu dosen yang berkomentar kalau judul penelitian saya adalah penelitian kacangan. Entah itu memang komentar yang apa adanya, atau bermakna ambigu. Memang sih, analisis mengenai pemberitaan korupsi pas saya cari di google scholar ada banyak. Tapi, yang memakai analisis isi dan membandingkan kedua media online ini belum ada. Disisi lain, dosen saya tadi memberi demotivasi untuk saya, jujur sih dibilang penelitian kacangan agak panas juga, jadi terdorong untuk membuktikan bahwa ini bukan kacangan, apalagi kacang goreng! hehe :)

Catatan kedua, adalah membuat skripsi milikmu menjadi spesial! Menjadi spesial entah dengan usaha yang sudah kamu berikan, atau kamu memberikan pandangan baru yang bermanfaat secara akademis maupun praktis. 

Hambatan yang saya alami adalah, susahnya memulai kalimat pertama di BAB II yang membahas tentang kerangka berpikir penelitian. Ini disebut dengan writer block. Untuk mengantisipasi terjadinya writer block ini, coba baca-baca beberapa atau banyak literatur yang berkaitan dengan tema skripsimu. Insya allah, setelah direnungkan, akan muncul ide/gagasan mengenai pandangan/perspektif yang akan kamu ambil. Dan mulailah tulis di laptopmu, supaya tidak lupa.

Catatan ketiga, baca banyak literatur. --> Point ini sebenernya susah banget buat saya, apalagi kalau literaturnya bahasa Inggris. Eh, tapi semangat deh! :)

Kalau tetap males untuk memulai, coba biar semangat mengerjakannya adalah dengan membangun deadline. Bangunlah deadline dengan membuat janji dengan dosen pembimbing. Misalnya, lewat sms atau tlp, dan bilang: "Bu/Pak saya mau bimbingan ke jalan yang benar, Ibu/Bapak adakah waktu di minggu depan, hari kamis bagaimana Bu/Pak?" Nah, kalau sudah begini kan ketar-ketir sendiri, mau ga mau pasti ngerjain skripsi juga tuh, mau tidur juga kepikiran skripsi -__- *ini murni pengalaman saya sih, hehe.

Point empat, bikin janji bimbingan sama dosen. 

Nah, point2 tadi itu murni berdasarkan pengalaman saya pribadi, kalau agan dan aganwati yang sedang skripsian gimana nihh?








1 komentar:

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri