Kamis, 23 Mei 2013

Ayo Nyanyi Lagu Anak!

Bahwa media dan produk budaya, digunakan sesuai dengan usia perkembangan pemakainya.. 
www.marinyanyi.com


Mungkin banyak dari kita (termasuk saya) yang belum menyadari penggunaan media haruslah sesuai dengan usia perkembangannya. Saya dan teman-teman beberapa waktu kemarin sempat melakukan riset sederhana mengenai "Lagu Apa sih yang Sedang Trend di Anak-Anak Sekarang?" Sebuah riset yang bermula dari pertanyaan sederhana. Kemudian, saya-Bella-dan Uyuh, ditemani Gema sang videografer mewawancarai beberapa anak yang menjadi narasumber untuk riset kami.

"Halo adek...kenalan dong.." -- tiba-tiba kita jadi Sok dekat dengan si Adek kecil yang mau kami wawancara. Rata-rata, anak-anak yang kami wawancara berusia diantara 5-9 th.
"Boleh tau ga, lagu apa sih yang suka kamu nyanyiin? Misalnya kamu kalau lagi di acara ulang tahun suka nyanyi lagu apa? Atau..ketika kami lihat si anak sudah akrab dengan gadget, kami bertanya...di playlist-nya ada lagu apa aja sih? *kita jadi kepo banget gitu, dan mungkin menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi si anak.



Dan ternyata minta anak-anak buat nyanyi itu susah juga yaa... -__- jadi salut sama guru TK, Paud, SD. Dari beberapa yang kita temui, ada anak yang nyanyiin lagu anak, tapi rata-rata lagunya adalah "Balonku." Nah, bosen ga tuh, kok dari jaman kita (baca: generasi 90-an) lagunya ga jauh-jauh dari Balonku, apa ga ada improvisasi ya? Nah, fakta yang mencengangkan, ada beberapa anak yang hobinya nyanyiin lagu Girl-Band yang jadi soundtrack di sebuah sinetron (katanya). Dan ada anak yang nyanyiin lagu remix. Remix? #mengerutkan dahi. :|

Jauh sebelum riset itu dilakukan, sebenarnya muncul kegelisahan dalam benak saya dan teman-teman. Sebenarnya, masalah ga sih kalau anak-anak nyanyiin lagu orang dewasa? Apa mereka nggak jadi mateng dini tuh? --see the answer later.

Menurut Djito Kasilo, tidak baik jika anak (range usia 0-9 tahun) terus menerus mengkonsumsi lagu dewasa. Kenapa, karena lagu orang dewasa dari segi musik mempunyai nada yang kompleks, dan dari segi pesan pun mempunyai makna yang kompleks. Sedangkan lagu anak mempunyai nada yang sederhana dan nada yang tidak terlalu loncat-loncat. Efek paling negatifnya adalah maang dini. 

Sebenarnya, kini anak-anak sudah punya lagunya sendiri. Walaupun tidak di poulerkan di TV, website ini cukup ramai dikunjungi untuk mencari lagu-lagu anak. Lagu yang ada di website ini  mempunyai beragam tema.





3 komentar:

  1. Harusnya tempat karokean juga menyediakan lagu anak-anak... anw, terkait isu ini.. saya pribadi juga cukup prihatin.. anak-anak kok konsumsinya kayak boy-girl-band.. suram..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sarannya boleh juga tuh ka, tempat karokean yang nyediain lagu anak.
      Oya, ada site bagus yang nyediain lagu-lagu untuk anak loh, sitenya: www.marinyanyi.com, lagu2nya cocok buat adek2 tk, paud, :)

      Hapus
  2. miris memang ketika anak dibawah umur mengkonsumsi lagu dewasa secara berlebihan..
    efeknya jelas banget,


    Obat Herbal Untuk Penyakit Faringitis

    BalasHapus

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri