Senin, 07 Januari 2013

Review 2012

Resolusi 2012 yang saya tulis di Bulan Desember 2011, kurang lebih seperti ini : 

1. Membantu branding bisnis Bapak saya. (failed) 

2. Bergabung dengan komunitas penulis. (done) 
Tahun 2012, saya bergabung dengan FLP, sedikit banyak belajar tentang dunia kepenulisan.   Akan tetapi, mengikuti kelas menulis tidak menjadikan saya serta merta menjadi penulis. Ingin menjadi penulis, ya tinggal menulis. 


3. Merealisasikan ide bisnis saya. (failed) 
Yang baru terealisasi adalah saya buka jasa print di kosan, dan jual makaroni. Tetapi sudah tidak beroperasi lagi, karena urusan lain. *halah, sok sibuk. 

4. Mengubah KOPLAK jadi KOMPAK. (done)
Sebagai ketua KOMPAK, saya pernah diolok-olok karena anggota KOMPAK kurang Kompak..hehe..:) akhirnya termotivasi juga untuk merealisasikan beberapa program KOMPAK yang masih belia itu..

5. Lebih Serius Kuliah, lebih All out. (done) 
Kuliah lancar, main lancar..:)

What i've done in 2012? Saya sedang mengingat-ingat apa yang sudah dan belum dilakukan sepanjang 2012. Saya coba ingat-ingat lagi dan rinci saja dari setiap bulannya. 

Januari 2012
Selesai Ujian Semester 3, liburan 2 minggu. Almost all of the day in holiday, help my mother. 

February 2012
Memulai perkuliahan semester 4. Yang saya pelajari : 
Pendidikan Kewarganegaraan, Riset Sosial, Ekonomi Politik Media Massa, Ekonomi Industri Media Massa, Media Budaya dan Masyarakat, Media Massa dan Sistem Politik, Sosiologi Media, dan Literasi Media. Setelah nilai-nilainya keluar, alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Bukan berarti berorientasi ke nilai saja sih,, tapi berbanding lurus dengan pengetahuan yang saya dapat..:) 

Maret 2012 
Mulai bergabung dengan komunitas Menulis : Forum Lingkar Pena.
Aktif kuliah seperti biasa.

April 2012
Menjadi panitia (Kadiv. Divisi Recruitment) Forum Indonesia Muda 12.
Berusaha komit dengan ikut FLP.

Mei 2012
Prepare UAS Semester 4, menghasilkan beberapa artikel.
Bulan ini mulai tidak komit sama FLP.

Juni 2012
Membuat naskah novel pertama saya, yang hanya 92 halaman. Mengikutkannya di lomba Novel Romantic Qanita Mizan. (sampai sekarang belum selesai, dan masih dalam proses pembuatan).
Liburan Semester 4.
Setiap pertemuan FLP tiap minggunya, saya sudah tidak datang.

Juli 2012
Pergi ke Pare, belajar bahasa Inggris, khususnya TOEFL dan speaking. Bertemu teman-teman yang menyenangkan disana. Dan menyadari kalau saya sangat suka bersepeda...:)

Tadinya berniat mau 1 bulan di Pare, tapi karena Abstrac Paper yang kami kirim untuk acara International Conference on Media Communication and Culture lolos, saya dan Rona harus menyelesaikan paper tersebut, dan menginterview beberapa narasumber di Jakarta. Its mean, saya harus pulang dari Pare ke Ciamis, untuk kemudian ke Jakarta.

Sepeda, dan matahari terbit di Pare-Kediri, in the last day
Sepulang dari Pare, sibuk memaintain web ar-risalah dan pelatihan jurnalistik untuk adek kelas di pondok. Web ini sebagai media komunitas dan publikasi pondok pesantren Ar-Risalah (sekolah saya dulu). Alhamdulillah www.ar-risalah.web.id masih hidup sampai sekarang..:)


www.ar-risalah.web.id

Agustus 2012

Lebaran Iedul Fitri, kumpul2 dengan teman-teman SMA dan SMP.
Mempromosikan website ar-risalah,
Dan siap-siap kuliah semester 5! :)

September 2012
Seorang teman mengajak saya untuk aktif lagi di FLP, untuk mengikuti kelas tingkat lanjutan. Di tingkat lanjutan ini, ada kelas peminatan Novel yang diampu oleh Sakti Wibowo. Sempat membuat saya tertarik. Akhirnya, gabung lagi di FLP dengan memenuhi tugas-tugas menulis yang saya lewarkan.

Bulan ini, memulai kuliah semester 5. Saya belajar tentang : Komunikasi multikultural, Riset Kuanti, Kajian Dampak Media, Media Gender dan Identitas, Hukum Etika Media Massa, Semiotika Komunikasi, Jajak Pendapat Publik, dan Teknik Publisitas.

Serta persiapan FIM 13.
Bulan ini saya sempat magang di suatu lembaga, sebagai tim Input data.

Oktober 2012
Kuliah seperti biasa, dan menjadi panitia FIM 13. FIM 13 berlangsung di minggu terakhir bulan Oktober.

Bulan ini, saya mengikuti sebuah lomba Esai tentang Budaya, yang diadakan oleh Laksita Mardhawa. Esai saya berjudul : Budaya Tradisi Fondasi Indonesia dalam Arus Globalisasi. Sempat menjadi finalis, tetapi tidak menang! hehe..:)

Bulan ini, saya mewakili KOMPAK (Komunitas Pemuda Anti Korupsi) dalam Anti Corruption Camp yang diadakan KPK.

Rektor Paramadina-Anies Baswedan saat menjadi pemateri di acara YACC


November 2012
2 minggu setelah acara FIM 13, dimana saya cukup di Pra-Acara, saya pergi ke Yogyakarta untuk menjadi Pemakalah/presenter di ICMCC (International Conference on Media and Communication). Konferens pertama yang saya ikuti. Cukup membuat saya bahagia, senang, bersemangat dan stay positive, karena mayoritas peserta adalah dosen-dosen yang sudah lulus S2 dan S3. Baiklah, ini cukup memotivasi saya..:)

Tidak terbayang sebelumnya, buku pertama saya adalah Proceedings dari konferensi tersebut.

Berfoto, di hari pertama Konferensi. Rona belum datang. 

Berada di tengah-tengah orang yang semangat belajar (Dosen-dosen UMY dan USM).
Perkembangan Media dalam masyarakat multikultural
.
Ah, Yogyakarta memang menyenangkan. Mulai dari diajak rapatdi malam pertama saat di Jogja oleh teman saya (Irma Nurmalasri) yang aktifis UNY itu.  Nongkrong sampe kering di UNY, tapi dijemput di UMY sama Rona, *parah* Kemudian jalan-jalan di Malioboro, dan nongkrong di Kalimilk.

Satu minggu kemudian, saya pergi ke Malang untuk mendaki Semeru. Sayangnya tidak sampai ke puncak. Disana saya bertemu dengan teman-teman yang amazing banget..:)

Saya dan Ranu Kumbolo

Desember 2012

Bertemu kembali dengan Geng Gembel. Saya kira, saya hanya bertemu mereka di Semeru saja, tapi ternyata berkesempatan bertemu lagi di Jakarta. (Monas, Taman Mini, dan Ragunan). 

Berfoto bersama, tanpa Indi. 
Lunch time Geng Gembel
Bulan ini, saya mengirim lamaran magang sebanyak 4 buah.
Pertama, ke bagian Kerjasama Univ.Paramadina, kedua sebagai reporter di Radio Suara Edukasi, ketiga sebagai asistent researcher di sebuah lembaga penelitian,, keempat sebagai writer di Majalah Sub-Cult (Majalah Internasional sepertinya). Dan akhirnya, lolos juga salah satunya. Saya mulai magang di Div. Kerjasama kampus, mulai 19 Desember. Magang di kampus, alhamdulillah bagi-bagi dengan waktu kuliahnya lebih fleksibel. :)

2012 sudah berlalu, semoga tidak berlalu begitu saja. Semoga bukan hanya melewati, tetapi mengalami pengalaman-pengalaman berharga yang sudah saya lalui itu..:)










0 comments:

Posting Komentar

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri