Senin, 10 Maret 2014

Sudah Tau Siapa Wakilmu?

Hei, kamu!
Iya kamu!

Nanya dong, kamu sudah tau siapa wakilmu? Kamu tau kan 9 April nanti kita akan ada hajatan besar, di hari itu kamu akan milih siapa wakilmu. Dalam memilih siapa yang pantas cocok jadi wakilmu, ibarat milih siapa yang akan jadi calon suami/calon istrimu. Pasti ga mau pilih sembarangan kan? Karena pasangan yang kamu pilih ada adalah orang yang akan menemanimu di sisa waktu yang kamu punya selama hidup, Nah! milih wakil juga sama! Karena ini akan berdampak ke 5 tahun mendatang.


Simpelnya, kamu punya andil untuk menentukan 5 tahun kedepan.

Nah, milih jodoh aja kamu pengen tau gimana bibit, bobot, bebet-nya kan? Pilih wakilmu juga begitu! Tentu kamu harus tahu gimana latar belakangnya, gimana pendidikannya, dan kinerjanya selama ini.

Apakah mereka punya perspektif anti korupsi?
Apakah mereka punya perspektif melindungi lingkungan?
Apakah mereka tidak melanggar HAM?
Apakah mereka berintegritas? 
Point-point tadi sih yang buat aku itu standar minimal seorang wakil. Nah, cara untuk mengetahui track record mereka, kita bisa loh akses informasinya di dua site yang nanti aku share. Pemilu sekarang at least better lah dibandingin pemilu tahun lalu. Pemilu sekarang (KPU) menyediakan informasi mengenai caleg-caleg yang maju di 2014. Walaupun sebenernya belum optimal, tapi patut diapresiasi lah ya. :)

Ini dia site yang menyediakan informasi mengenai caleg.

1. www.kpu.go.id 

www.kpu.go.id 
Klik DCS, and you will know Daftar Calon Sementara Anggota DPD RI.

Daftar Calon Berdasarkan Partai
Akan ada isian Provinsi, Daerah Pemilihan/dapil. Isilah sesuai dengan data KTPmu. Contoh nih, saya orang Jawa Barat, dan masuk ke Dapil Jawa Barat X yang meliputi Ciamis, Kuningan, Kota Banjar. 

Sort by partai
Bisa juga dilihat berdasarkan partainya. Jika ingin tahu siapa saja caleg dari partai tertentu, silakan klik gambar partai. Misalkan, saya klik Gerindra, maka akan muncul seperti ini:

Daftar Caleg Gerindra
Untuk mengetahui Curiculum Vitae (CV) setiap caleg, silakan klik logo Pdf yang ada di sebelah kanan.

contoh CV caleg

Nah, riwayat hidup si caleg sudah muncul. Silakan dipelajari. Sebenarnya, CV ini ada yang ditulis tangan dan ada yang diketik. Yang diisi dengan tulis tangan, biasanya data yang diisi lebih sedikit. Sedangkan data yang diisi dengan diketik lebih panjang, tentu informasi yang didapat lebih banyak.

Dari sini kamu bisa tahu apakah wakil kamu berasal dari daerah yang sama denganmu? Kalau saya sendiri perkara darimana caleg itu berasal menjadi salah satu pertimbangan, mengingat, ketika caleg itu mewakili daerah asalnya atau daerah dimana dia tumbuh besar, tentu si caleg punya kedekatan dan memahami daerah yang diwakilinya. 

Tingkat pendidikan bisa dikroscek, dan profesi saat ini bisa diketahui. 

2. www.jariungu.com

www.jariungu.com
Dari site ini juga bisa mengetahui track record caleg. 


Pilih sesuai dengan daerah pemilihan (dapil) yang ingin kamu ketahui. 

Daftar Caleg
Nah! sudah muncul daftar calegnya, tinggal di scroll ke kanan atau ke kiri. Sayangnya, untuk mengetahui data setiap caleg kamu harus register terlebih dahulu. :)

Serunya, disini kita bisa melihat berita yang berkaitan dengan caleg baik DPR RI ataupun DPRD. 

Berita Caleg
Dari sini kita bisa cek, mana caleg yang banyak diberitakan, baik berita positif maupun negatif. Caleg yang diberitakan positif, bisa diartikan bahwa caleg tersebut cukup berpengaruh di daerahnya.

Ya, selamat mencari tahu guys! 
Ingat, demokrasi bukan untuk orang-orang yang malas, so cari tahu siapa kandidatmu, pilih, dan awasi setelah dia menjabat. 

Salam, :)

3 komentar:

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri