Rabu, 02 Maret 2011

Kawah Putih, Pesona Jawa Barat

Hi teman, assalamualaikum..
Disini asri mau nyeritain perjalanan ke bandung kemaren yang bisa dibilang backpackeran pertama kalinya. Ditemani oleh teman saya ‘Intan”, akhirnya kami sampai juga disebuah tempat namanya “Kawah Putih.”
Kenapa dinamai Kawah Putih? Kawah ini terbentuk saat gunung yang ada di daerah Ciwidey Bandung meletus, (enth tahun berapa, saya lupa lagi). Pasir disana memang banyak mengandung belerang, dan berwarna putih. So, disebutlah kawah tersebut “Kawah Putih.”
Buat teman-teman yang punya hobi backpackeran, atau belum tau yang namanya kawah putih ini, rasanya kalian kudu maen ke sini.



Wuihhh..pemandangannya indah banget, subhanallah..Eits, tapi jangan lupa, kalau meu ke sini jangan lupa bawa jaket, sweater, apapun itu, soalnya di lokasi kawah udaranya dingin banget. Kalau mau hemat, jangan lupa bawa payung juga, soalnya kadang mendadak turun hujan gitu. Kalau ga mau ribet, di pintu masuk lokasi pun ada jasa penyewaan payung.
Oh ya, berapa ongkos yang harus disiapkan?
Sebenarnya, murah atau tidaknya ongkos ke tempat ini, tergantung anda berada di mana. Kalau anda berada di daerah Cileunyi, dekat tol Cileunyi dari Jakarta maka jarak yang harus anda tempuh memang jauh.
Tetapi, kalau anda berada di sekitar terminal ‘leuwi panjang’, mungkin tidak terlalu jauh. Dari Cileunyi, anda bisa menaiki TMB (Trans Metro Bandung) dengan ongkos 1500,- s/d 2000,-. Turun di shelter yang dekat dengan terminal leuwi panjang. Dari leuwi panjang, anda bisa menaiki mobil L300/elf/ carry dengan ongkos 6000,-. Setelah sampai di terminal Ciwidey, anda menaiki angkot (angkutan kota) berwarna Kuning, dengan ongkos 5000,- s/d 6000,-. Bilang aja ke supirnya berhenti di gerbang kawah putih. Setelah sampai di gerbang kawah putih, ketika anda keluar dari mobil, anda mulai merasakan bagaimana dinginnya udara disana..grrrrr...
Untuk mencapai ke lokasi kawah, anda harus menaiki ontang-anting, yaitu semacam mobil angkutan terbuka, dengan ongkos 10.000,- plus ongkos masuk 16.000 rupiah. Jadi, mungkin anda bisa mengira-ngira berapa ongkos yang akan anda keluarkan.

Ciwidey, tak sekedar menawarkan keindahan pemandangan kawah putih, namun juga disana kita bisa menemukan banyak strauberi. Ada yang dijual sekitar 2000,- s/d 25.000,- bahkan anda bisa memetik sendiri. Wuihhh..asyikk kan..^^

Jalan menuju Kawah Putih
Oh ya, saya saranin sih kalo mau ke sini, berangkat dari pagi. Soalnya perjalanannya agak lama, dan kalo pulang sore, angkutannya agak jarang.


Saya dan Intan

2 komentar:

  1. wow, how cool you guys! mau ding backpackeran ke kawah putih. belum pernahhh huhu

    BalasHapus
  2. hohoho...tks rona,,
    ayo,,,visit bandung!! visit Kawah Putih...

    BalasHapus

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri