Selasa, 25 Oktober 2011

Sukses Membangun Karir




Ilmu itu, walaupun sedikit, harus disampaikan bukan?
Nah, saya pengen sedikit share tentang apa yang saya dapat ketika mengikuti workshop “Wijayanto on Softskill Series” bertema Sukses Membangun Karir. Ada beberapa teman karena suatu hal, tidak bisa mengikuti acara ini, oleh karena itu, semoga tulisan ini bisa menjembatani waktu (bridging time) dan banyak orang yang akhirnya mendapat manfaat melalui tulisan singkat ini. (sejatinya manfaat itu datang dari Allah SWT).
Di awal, Pak Wija bercerita tentang sebuah Film yang dibintangi oleh Ronal Ryden, dimana salahsatu scene dari film tersebut menvisualisasikan sebuah bulu yang terbang terus menerus karena terhembus angin. Bulu tersebut tidak pernah sampai ke permukaan tanah, karena terhempas angin yang tak pernah berhenti.
Selesai menceritakan film tersebut, poin yang di dapat adalah Hidup kita ini tergantung bagaimana lingkungan dan situasi. Faktor lain, yang unpredictable, dan sulit kita kendalikan.
“Sukses itu apa?”
Terserah anda mau mendefinisikan apa, tapi pada dasarnya sukses itu saat target2 kita tercapai. Sukses itu, secara garis besar terbagi ke dalam sukses Individu, dan sukses dalam berkarir. Sukses Individu, bisa tergambarkan dalam suatu kordinat yang terdiri dari 4 arah panah. Arah panah pertama : Intelektual. Katakanlah, orang tersukses dalam intelktual yang pernah ada, misalnya Eisntein. Arah panah kedua : Finansial. Katakanlah, orang yang sukses finansialnya misalnya Bill Gates. Arah panah ketiga : Spiritual, katakanlah yang mendalam spiritualnya adalah Cak Nur. Arah keempat : sisi sosial. Katakanlah orang yang paling sosial saat ini adalah Bunda Theresa.
Dari koordinat di atas, kita bisa mengukur diri kita ada di posisi mana, kita juga bisa menyeimbangkan semua ke empat komponen tersebut. Mumpung masih muda!!
Nah, sukses membangun karir itu, merupakan bagian dari sukses Individu. Sukses membangun karir menurut Pak Wija, ada beberapa poin.
-        Jujur
Jika anda jujur, yakin deh, anda akan bertemu dengan sebuah keberuntungan. Jujur itu, pondasi dari segalanya. Sukses itu mudah, jika mencapainya dengan segala cara. Tapi, hati nurani kita tetap tidak bisa dibohongi. Bermainlah secara sportif, dan kamu akan bertemu dengan keberuntunganmu.
-        Walking Extra Mild
Mulai dengan niat untuk memberikan sesuatu yang lebih, lebih optimal, lebih cepat. Will power yang kuat latihan dan kesadaran penuh  Tendensi/kecendrungan Habit Karakter Destiny.
-        Network
Setiap pengusaha sukses di Jakarta, sering mengadakan kongkow2 bareng. Ketika mereka suskses, maka mereka akan menemukan orbit tertentu, dimana orbit orang-orang sukses ini menjaga tiap individunya untuk terus berkembang.
-        Enjoy the Competition
Mencoba enjoy dengan kompetisi, karena fitrah hidup kita adalah berkompetisi. Bilang kepada rival anda, “terimakasih sudah menemani saya berlari, sehingga saya berlari makin cepat, terus belajar, dan melakukan inovasi..”
-        Learning (Beginers Mind)
Jangan pernah merasa diri adalah yang paling expert, karena ketika sudah berpikiran seperti ini, kita akan berhenti untuk belajar.
-        Resilience
Ga ada matinya. Jangan pernah menyerah, teruslah coba, terus berusaha.  

2 komentar:

Senang jika anda mau meninggalkan jejak di postingan ini..:)

Copyright © 2014 Jurnal Asri